Pasti tau kan???hahaha...Tapi apa sch motor 4-tak dan 2-tak itu???kasih tau ga eaa???hahaha
Berdasarkan langkah kerjanya itu, mesin motor terbagi menjadi 2, yaitu motor 4-tak dan 2-tak. Perbedaan kedua
tipe ini dapat dilihat dari konstruksi mesinnya, sepeda motor 4 tak mempunyai
katup-katup yang berfungsi mengatur masuknya bahan bakar ke dalam mesin dan
mengatur pembuangan gas sisa pembakaran. Pada sepeda motor 2 tak, terdapat
saluran pemasukan, pembuangan, dan pembilasan bahan bakar yang diatur oleh
piston dalam blok silinder.
Dah tau sedikitkan tentang mesin motor, sekarang aku mau share cara kerja kedua tipe mesin tadi...
Pertama, aku mau share 4-tak dulu...
Sepeda motor 4-tak adalah sepeda motor yang bermesin 4 langkah, kenapa disebut 4 langkah, yaitu karena satu siklus kerjanya dilakukan dalam empat langkah, yaitu langkah isap, langkah kompresi, langkah usaha dan langkah buang. Jadi dalam satu kali proses kerja terjadi 4 langkah gerakan piston dalam dua kali putaran poros engkol.
Cara kerja mesin motor 4-tak...
1. Langkah isap, dalam hal ini campuran udara dan bensin tercampur, katup masuk terbuka, dan katup buang tertutup, saat torak bergerak dari TMA(titik mati atas) ke TMB(titik mati bawah) silinder pun menjadi vacum, masuklah campuran udara dan bensin tadi kedalam silinder yang disebabkan adanya tekanan luar.
2. Langkah Kompresi,, Pada langkah ini campuran udara dan bensin dikompresikan, katup masuk dan katup buang tertutup, saat torak mulai naik dari TMB ke TMA, campuran tadi dikompresikan, akibatnya temperatur dan tekanan naik sehingga mudah terbakar.
3. Usaha, Pada langkah ini mesin telah menghasilkan tenaga dan sesaat torak belum mencapai TMA, pada saat kompresi busi memberi loncatan api pada campuran yang telah dikompresikan, dengan terjadinya pembakaran tersebut yang merupakan ledakan gas sehingga mampu untuk mendorong torak dari TMA ke TMB dan diteruskan ke poros engkol diubah menjadi tenaga putar.
4. Buang, Pada langkah ini gas yang terbakar dibuang melalui katup buang dan gerakan torak dari TMB ke TMA, ketika torak mencapai TMA akan mulai bergerak lagi untuk persiapan berikutnya, untuk melakukan siklus selanjutnya sehingga motor itu hidup sendiri melakukan empat siklus.
Mesin motor 2-tak
Sepeda motor 2-tak adalah sepeda motor yang bermesin 2 langkah, artinya dalam satu siklus kerja membutuhkan dua langkah, yaitu isap dan kompresi, langkah usaha dan buang.
1. Langkah Isap dan Buang, Dalam langkah ini torak bergerak dari TMB ke TMA sehingga katup masuk terbuka, katup masuk tertutup sehingga campuran bahan bakar dan udara masuk ke ruang engkol.
2. LAngkah usaha dan buang, Dalam hal ini torak bergerak dari TMA ke TMB, katup buang dan dan saluran bilas terbuka, sehingga gas sisa pembakaran keluar melalui katup buang sambil dibilas oleh gas yang baru masuk ke ruang bakar jadi proses pembilasan didorong oleh gas yang baru dari ruang engkol.
Sekian dari saya, kurang lebihnya maaf gan...
Tidak ada komentar:
Posting Komentar