Blogger

Jumat, 30 September 2011

Penyetelan Katup Motor Honda

Setelan katup yang benar atau salah akan mempengaruhi terhadap performa mesin Sepeda Motor.

Berikut ini cara-cara singkat tentang penyetelan katup sepeda motor yang sudah biasa dilakukan.

1. Persiapkan alat-alatnya dahulu seperti dibawah ini:

Obeng (-) besar
Kunci T 17 (untuk motor Supra X 125/Karisma)
Kunci T 14 (untuk motor Supra Fit, Tiger)
Ring 8-9 (untuk motor tipe bebek)
Ring 10-11 (untuk motor tipe Sport)
Ring 17 (untuk motor tipe Sport)
Ring 24 (untuk motor tipe bebek)
Fuller gauge 1set
Valve Adjusting wrech (kunci klep)

2. Buka kedua tutup katup (In dan Ex) dengan menggunakan kunci Ring 17(tipe bebek) atau Kunci Ring 24(tipe Sport)

3. Pertama, posisikan piston pada Titik Mati Atas (TMA), dengan cara buka tutup magnet pada blok mesin kiri dengan menggunakan Obeng (-) besar (ada 2 buah ), putar poros engkol berlawanan arah jarum jam.

4. Saat poros engkol diputar, lihatlah pada lubang kecil di blok magnet, posisikan tanda T pada garis lurus di lubang kecil blok magnet, T itu artinya top, dan katup siap setel.

5. Kemudian pegang dan gerak-gerakkan kedua katup untuk memastikan keduanya sudah dalam posisi bebas,

6. Jika sudah siap disetel, maka lakukan penyetelan katup dengan ukuran untuk tiap-tiap motor sbb:

Tipe Sport (Tiger,Mega Pro,GL Pro,Phantom) ukuran = 0,10mm (±0,01mm).
Tipe Bebek (Supra Fit, Grand, Legenda, Supra X, Win, GL 100) ukuran celah klep = 0,05mm (±0,01mm).
Tipe Bebek (Supra X 125, Karisma, Kirana) ukuran celah klep = 0,03mm (±0,01mm)
Tipe Matic (Vario) ukuran celah klep ( Klep In : 0,15mm (±0,01mm) Klep Ex : 0,26mm (±0,01mm) )

Caranya, kendorkan mur pengikat (baut stelan katup) dengan menggunakan Ring 8-9 / 10-11,

7. Lalu letakkan Fuller gauge sesuai ukuran celah katup kedalam ujung batang katup, putar tappet adjuster(baut stelan katup) sampai terasa apabila fuller gauge di tarik terasa seret dan apabila didorong tidak bisa,

8. Kemudian keraskan lagi mur stelan katup dan cek ulang hasil stelan katup tadi, sampai hasilnya tepat, (bila fuller gauge terasa ditarik seret dan di dorong tidak bisa),

9. Tutup kembali semua komponen yang tadi dibuka kemudian rasakan hasilnya. MANTAP!
Perhatian!!!
  • Bila jarak terlalu renggang, akan terjadi bunyi mesin yang tidak normal...
  • Dan bila jarak terlalu rapat, katup akan menjadi tertekan terus selama mesin berputar, sehingga mengakibatkan kompresi berkurang, bahkan bisa menyebabkan katup rusak dan jika kompresi tidak baik, mungkin peformanya tidak baik...
Demikian Cara singkat menyetel katup yang baru saya ketahui..

Semoga bermanfaat...



Tidak ada komentar:

Posting Komentar